Besok, Wapres Boediono inspeksi Stasiun Senen & Pelabuhan Merak

JAKARTA: Wakil Presiden Boediono besok melakukan inspeksi ke Pelabuhan Merak dan Stasiun Kereta Api Senen untuk mengecek kesiapan angkutan Lebaran tahun ini.

Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan seluruh perangkat operator di Pelabuhan Merak akan diperiksa. Boediono juga akan memeriksa sistem penjualan tiket baru di Stasiun Senen.

“Wapres akan meninjau persiapan di lapangan terutama Stasiun Senen dan juga Merak, besok siang,” kata Freddy seusai rapat persiapan mudik di Istana Wapres, sore ini.

Inspeksi ini, kata Freddy, akan diawali dengan berkunjung ke Stasiun Senen, Jakarta Pusat pada pukul 11.00 WIB. Dari senen, Boediono akan menuju Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma menggunakan helikopter untuk berangkat menuju ke Pelabuhan Merak.

Boediono juga akan memantau kesiapan jalan dari udara dan angkutan sungai dan penyeberangan dalam mempersiapkan mudik. Freddy mengklaim kesiapan angkutan laut Pelabuhan Merak dan kesiapan transportasi lain telah mencukupi.

Dia mencontohkan PT ASDP Indonesia Ferry telah menyiapkan tambahan tujuh kapal roro sehingga jumlah kapal yang beroperasi menjadi 40 kapal pada penyebrangan Merak-Bakauheni.  Selain itu, ada sekitar 38 kapal cadangan yang sedang diperbaiki.

“Kami yakin ini bisa mengurai kemacetan dan menjamin kelancaran pemudik nantinya,” katanya.

Dalam menekan kemacetan di jalur darat Jakarta dan sekitarnya, pemerintah akan menerapkan pelarangan bagi truk dengan dua sumbu dan container mulai H-4 hingga H+1. Pelarangan ini diharapkan dapat mengurai angkutan penumpang yang akan mudik.

Pada kesempatan itu, Wapres Boediono meminta Kemenhub dan PT ASDP Indonesia Ferry menambah petugas pelayanan di Pelabuhan Merak dan stasiun untuk melayani pemudik. Petugas ini diharapkan bisa membantu pemudik untuk mencari informasi mengenai segala kebutuhan.

Boediono juga meminta Kemenhub dan operator terkait untuk mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

“Keselamatan penumpang harus menjadi prioritas utama,” ujar Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat. (faa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>