Pelindo I Dan INSA Komitmen Tingkatkan Layanan

JAKARTA: PT Pelabuhan Indonesia I dan Indonesian National Shipowners’ Association atau INSA menandatangani nota kesepahaman peningkatan pelayanan atau service level guarantee.

Kesepakatan itu diteken oleh General Manager Belawan International Container Terminal (BICT) Syamsul Bahri Kautjil dengan Ketua DPC INSA Medan Hendra W. Kusuma.

Penandatanganan itu disaksikan oleh Direktur Pengembangan Usaha PT Pelindo I Bambang Eka Cahyana, Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto, Wakil Ketua Umum INSA Asmari Herry di Jakarta sore hari ini.

Nota kesepahaman tersebut diteken sebagai payung hukum sebelum ditindaklanjuti dengan kesepakatan berikutnya antara masing-masing operator pelayaran dengan PT Pelindo I yang berisi service level agreement (SLA).

Carmelita Hartoto, Ketua Umum INSA, mengatakan kesepakatan tersebut merupakan langkah awal sebelum ditindaklanjuti dengan kesepakatan tentang level pelayanan antara operator kapal dengan PT Pelindo I.

Dia menjelaskan langkah ini sangat positif untuk menciptakan keseimbangan sekaligus menjadi tolok ukur pelayanan di pelabuhan karena selama ini model kesepakatan seperti itu belum pernah terjadi.

“Itu menjadi pijakan penting bagi Pelindo I maupun operator untuk memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa, terutama dari operator kapal,” katanya.

Sebelumnya, DPP INSA telah menandatangani SLA dengan PT Pelindo II. Dokumen itu menjadi barometer untuk mengukur tingkat pelayanan yang diterima operator di pelabuhan. (Ln)